Empat Peluru Lumpuhkan Udin Gayo

  • Raja Curanmor Bertekuklutut

Rabu, 13 Februari 2008

Dilaporkan: Saiful Akhyar

BANJARBARU- Raja pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang paling diincar seluruh jajaran Polda Kalsel, Syamsuddin alias Udin Gayo (42), akhirnya bertekuklulut ditangan petugas Polresta Banjarbaru, Selasa (12/2) dinihari.
Drama penangkapan terhadap Udin Gayo, yang tercatat tinggal di Jl Ranggeng, Desa Takisung, Tala, ini sangat menegangkan. Pasalnya Udin Gayo yang dikenal sangat ‘licin’ dan lihai mengelabui petugas itu tidak mau menyerah begitu saja saat akan dibekuk tim buser yang dikomandoi Kasatreskrim, AKP Kus Subiyantoro SIk.
Akibatnya, penyergapan yang terjadi di Jln Tonhar RT3 RW1 Landasan Ulin Banjarbaru itu diwarnai aksi pengejaran yang diikuti berondongan tembakan. Udin Gayo sendiri tak berkutik lagi setelah empat peluru bersarang di kaki kiri dan kanannya.
Warga sekitar penyergapan sempat geger begitu mendengar suara tembakan. Dalam sekejab berhamburan ke luar rumah melihat kejadian. Warga sedikit tenang setelah mengetahui suara tembakan itu berasal dari senjata api petugas yang tengah mengejar buruannya.
Selain Udin Gayo, petugas juga meringkus Dedi Gunawan (26), yang tak lain rekan Udin Gayo dalam menjalankan aksinya. Selain itu, Dedi juga menjadikan rumah di Jl Tonhar sebagai tempat persembunyian Udin Gayo sekaligus penampungan barang bukti curiannya.
Melawan

Informasi yang diperoleh Metro, keberadaan Udin Gayo di rumah Dedi tersebut sebenarnya sudah lama terendus petugas. Namun mereka tak ingin bertindak gegabah dan langsung menyergapnya. Maklum saja orang yang mau disergap mempunyai julukan ‘raja’ curanmor.
Strategi penangkapan terhadap Udin Gayo, yang kerap keluar masuk penjara dan sudah pernah pula ditembak 3 kali, benar-benar diperhitungkan dan disusun rapi. Makanya, beberapa malam sebelum penyergapan dilakukan, petugas terus melakukan pengintaian terhadap rumah Dedi.
Senin (11/2) malam, tersangka Udin dipastikan berada di dalam rumah tersebut. Tim buser yang bersembunyi disemak belukar serempak bergerak menuju rumah Dedi. Secara perlahan mereka mengintip di balik celah kaca dan jendela.
Dinihari itu, tim buser melihat Udin Gayo berpenampilan sangat rapi. Dia mengenakan kacamata putih sehingga sosoknya terlihat sangat berbeda dari yang dikenal.
Tim Buser masuk ke rumah Dedi dan langsung menyapanya. Ketika disebut nama Udin, tersangka terlihat terkejut. Tapi instingnya sudah menangkap gelagat anggota yang menjadi tamunya itu.
Udin mendadak meloncat dan langsung berlari menerobos ke luar rumah. Pergerakan Udin tak disangka itu membuat petugas sempat kecolongan.
Di kegelapan malam, aksi pengejaran terjadi. Bahkan tersangka sempat mengadakan perlawanan. Kabar tersangka memiliki senpi membuat petugas eksta hati-hati bertindak.
Sejumlah tembakan peringatan tak digubris. Melihat kondisi tak memungkinkan, petugas terpaksa memberondongnya saat lagi kabur. Tersangka akhirnya jatuh sampai mengakibatkan patah tulang paha kirinya.
Udin Gayo langusng dilarikan ke IGD RSUD Banjarbaru. Setelah mendapat pengobatan ia dibawa ke tahanan Mapolresta Banjarbaru.
Informasi di dapat, tiga peluru bersarang di paha dan betis kirinya. Sedang satu lagi bersarang di paha kanannya.
Kapolresta Banjarbaru, AKBP Zuhdi B Arrasuli SH, didampingi Kasatrekrimnya AKP Kus Subiyantoro Sik, menjelaskan kalau tersangka menjadi target operasi (TO) karena biang curanmor di Kalsel.
“Jelajah pencuriannya meliputi seluruh wilayah hukum Polda Kalsel. Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tala, Barabai dan banyak lagi. Ia TO paling diincar yang selama ini menjadi biang pencurian sepeda motor. Sasarannya banyak jenis Yamaha Jupiter MX atau Suzuki Satria,” jelas Kus.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s