Asyik Nonton TV Kakek Terpanggang

  • Warga tak Berani Menerobos Api
  • Kebakaran diduga Akibat Korsleting Listrik

Dilaporkan: Eko Sutriyanto

Rabu, 16 April 2008

BANJAR- Kebakaran yang diawali suara ledakan yang terjadi di Sungai Bokor di RT 04 RW 11 No 45, Pematang Danau, Mataraman, Kabupaten Banjar, Senin (15/4) malam, sekitar pukul 22.30 Wita, menewaskan seorang warga.

Seorang tetangga korban, Suyud (75), yang tengah menonton televisi di rumah milik Mulyadi tersebut, ditemukan tewas dengan tubuh terpanggang.
Kebakaran diduga akibat korsleting listrik hingga menyebabkan tabung kulkas meledak. Percikan ledakan mengenai jeriken minyak tanah yang kemudian membakar dua unit sepeda motor dan meledakkan tangki bensin.
Jenasah Sayudi, malam itu juga dibawa warga ke RS PTPN XIII Danau Salak. Setelah dibersihkan, jenasah korban dibawa kembali ke rumah duka untuk disemayamkan dan selanjutnya dimakamkan.
Informasi yang diperoleh Metro, Selasa (15/4) malam itu, musibah terjadi saat kai Suyudi seorang diri tengah menonton siaran televisi di ruang tengah rumah Mulyadi yang di depannya dipakai untuk warung kelontong.
Selain menjadi ruangan keluarga, di ruang tengah itu selain televisi, di ruang tengah itu terdapat kulkas, dua unit sepeda motor berjenis Force One dan Kawasaki dan perabotan.
Secara mengejutkan, tiba-tiba terjadi ledakan yang diduga berasal dari tabung kulkas. Ledakan itu menyemburkan api hingga mengenai  televisi serta menyambar jeriken minyak tanah sehingga api dengan cepat membesar.
Api terus menyebar hingga menyambar dua unit sepeda motor hingga terbakar. Begitu mengenai tangki bensin, sepeda motor itu langsung meledak disertai bola api menyebar ke seluruh ruangan. Mendengar bunyi ledakan warga kemudian berdatangan untuk memberikan pertolongan.
Mulyadi yang saat itu berada tidak jauh dari rumahnya berusaha nekad masuk ke dalam rumah untuk menyelamatkan harta bendanya maupun korban. Namun, melihat kobaran api membesar, Mulyadi yang berusaha masuk ke rumahnya berhasil ditahan warga
Kondisi angin yang berhembus kencang membuat korban yang terjebak di tengah korban api tak bisa berbuat apa-apa. Sementara warga berusaha terus memadamkan api, namun kobaran semakin menggila menghanguskan bangunan rumah yang terbuat dari kayu tersebut.
Tidak lama kemudian terdengar jeritan Suyud meminta tolong di tengah kobaran api, disertai  teriakan warga yang tidak bisa berbuat banyak membantu. Warga tak berani mengambil risiko menerobos api yang semakin membesar. Seiring membesarnya api, suara Suyud pun ikut mengilang.
Akhirnya usaha keras yang dilakukan warga akhirnya berhasil memadamkan api. Barulah warga mendekati dan melihat jenasah Suyud dalam yang sudah hangus.
Diiringi isak tangis keluarga dan kerabat, jenasah Suyud dievakuasi dan dibawa ke RS PTP XIII Danau Salak.
Kapolres Banjar AKBP Drs Sudrajat melalui Kapolsek Mataraman Iptu Ahmad Karman menyatakan ledakan diawali dari tabung belakang kulkas yang menyambar jerigen minyak tanah, membakar sepeda motor hingga terjadi ledakan.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s