Mobil Protokol Jungkir Balik

  • Tiga PNS Pemprov Kalsel Patah Tulang

Dilaporkan: Budi Arif RH/Choiruman/Aris Mardiono

Minggu, 27 April 2008

BATULICIN – Kepala Bagian Protokol Pemprov Kalsel bersama tiga stafnya bernasib naas. Mobil bercat putih double cabin plat merah DA 958 AE, yang dikemudikan Kabag Protokol Zaqli Aswan, terjungkir balik dan kemudian masuk persawahan di kawasan Desa Sepunggur Kecamatan Batulicin, Tanah Bumbu, Kalsel.

Musibah yang terjadi Jumat (25/4) sekitar pukul 22.00 Wita itu tidak menelan korban jiwa. Namun tiga PNS Pemprov Kalsel tersebut, yakni Chairunnikmah, Surya dan Udin menderita patah tulang. Sedangkan Zaqli Aswan tidak mengalami luka.
Oleh warga setempat, para korban dilarikan ke RSUD Amanah Husada Batulicin Tanah Bumbu, yang berjarak 8 Km dari tempat kejadian. Setibanya di IGD, ketiganya langsung ditangani tim medis.
Pantauan Metro Banjar di RSUD Amanah Husada malam itu, Chairunnikmah, warga Jln RE Martadinata 8, kakinya berlumuran lumpur. Sesekali dia merintih menahan sakit akibat luka di bagian tulang belakang.
“Aduh badanku sakit sekali. Jangan-jangan kakiku nanti lumpuh. Dokternya tidak mau bilang, sakit apa badanku ini,” ucapnya lirih.
Begitu juga dengan dua rekannya, Udin dan Surya. Keduanya juga merintih kesakitan. Surya misalnya, merasa sakit di lengan kanannya. Oleh petugas medis, lengan kanannya itu dililiti perban yang diberi kayu penyangga. Sedangkan Udin merasa sakit di lehernya.
Sementara Zaqli Aswan terlihat segar bugar. Dia tidak mengalami luka. Hanya saja baju batik yang dikenakan berlumuran lumpur.
Setelah mendapat perawatan medis, sekitar pukul 24.00 Wita ketiga korban dirujuk ke RS Siaga Banjarmasin untuk mendapatkan pertolongan medis lanjutan.
Pantauan Metro Banjar di RS Siaga, Sabtu (26/4) siang, ketiga korban masih menjalani perawatan dan tergeletak lemah di ranjangnya masing-masing.
Chairunnikmah dirawat di ruang Bisma. Dia menderita cidera memar pada bagian rusuk dan pinggang belakang sebelah kirinya. Surya yang mengalami patah tulang bahu kanan dan dirawat di ruang Anggreini. Udin dirawat di ruang Yudistira. Dia menderita cidera leher, bahkan lehernya harus diberikan penyangga.
Musibah itu mendapat perhatian dari Istri Gubernur Kalsel, Ny Hj Hayatun Fardah. Sabtu siang, Ny Fardah membezuk mereka.
“Mudahan cepat sembuh. Dan yang penting semuanya selamat,” ujar Ny Fardah, saat membezuk ke ruang perawatan Chairunnikmah.
Dalam kehangatan suasana siang itu, Kabag Protokol, Zaqli Aswan sempat bercanda kepada Ny Fardah. “Ikan asin punya ibu terbang entah ke mana,” ujar Zaqli disambut tawa semua yang ada di ruangan.
Oleng
Informasi terhimpun, mobil tersebut melaju dari kota Batulicin tujuan Banjarmasin, setelah menghadiri perayaan HUT Otonomi Daerah (Otda) di kawasan Kapet Batulicin yang juga dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta anggota kabinet Indonesia bersatu dan para bupati, walikota dan gubernur se-Indonesia.
Saat melintas kawasan Desa Sepunggur jalannya mobil tidak mulus, karena jalan yang dilewati sedang dalam proses pengerasan.
Selain berdebu, di jalan tersebut bertebaran batu-batu sebesar kepalan tangan dan kepala manusia. Saat posisi mobil terlalu ke pinggir, tiba-tiba saja mobil oleng.
Sang joki tak kuasa lagi mengedalikan mobilnya dan akhirnya mobil masuk ke sawah, yang ada disisi kiri bahu jalan tersebut. Akibatnya, mobil tersebut mengalami kerusakan cukup parah di bagian moncong.
Untungnya, semua penumpang tidak ada pingsan. Dengan cepat mereka semua keluar dari mobil. Dengan bantuan warga sekitar, mereka kemudian dilarikan ke RS Amanah Husada untuk mendapatkan pertolongan medis.
Nurdin, salah seorang warga yang berada di lokasi kejadian mengataka, dirinya mengetahui kejadian tersebut setelah mendengar suara keras.
“Saya langsung berlari ke arah suara. Ternyata ada mobil yang masuk ke sawah,” ujarnya.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s