Oknum Polsek Bansel Dibekuk

  • Simpam 17 Ggram Sabu

Dilaporkan: Irfani Rahman

Selasa, 10 Juni 2008

BANJARMASIN – Langkah Bripka R Gupramana alias Ebet (35) untuk kabur ketika petugas menggerebek sebuah rumah di JL Ratu Zaleha Gg Asnawi RT79, Kelurahan Karang Mekar, Banjarmasin Timur, terhenti. Dirinya pun tak berdaya, ketika empat paket sabu yang dibuangnya berhasil ditemukan petugas, Senin 9/6) siang. Oknum Polsek Banjarmasin Selatan ini pun digiring petugas.
Bambang, pemilik rumah tempat penggerebekan berlangsung juga dimintai keterangan petugas berkenaan dengan ditemukannya sabu yang diduga kuat milik Ebet tersebut.
Berdasarkan keterangan dan bukti di lapangan, Ebet akhirnya ditetapkan menjadi tersangka kasus kepemilikan sabu empat pekat tersebut. Barang bukti seberat 17 gram lebih pun turut disita petugas.
Dibekuknya oknum Polsek Bansel ini, berawal dari informasi dugaan keterlibatan Ebet dalam jaringan Edy Cina-Kakang cs yang dibongkar petugas beberapa hari sebelumnya. Dari kelompok Edy Cina ini nama Ebet disebut-sebut, sehingga petugas Sat Narkobat berniat meminta keterangannya.
Namun, Senin (9/6), petugas Sat II Polda Kalsel justru mendapat info adanya barang terlarang yang ditangan Ebet. Petugas pun langsung bergerak.
Setelah melakukan pengintaian dan memastikan keberadaan Ebet, sekitar pukul 10:30 Wita, di bawah komando AKP Yanto dan AKP Tarigan, petugas Sat Narkoba bergerak ke rumah di Jl Ratu Zalekha.
Setelah petugas mengetuk, pintu kemudian dibukakan oleh Bambang, sedangkan Ebet tak terlihat lagi batang hidungnya. Petugas langsung melakukan pengejaran. Ebet ternyata berusaha kabur dan sempat membuat barang bukti setelah melihat kedatangan petugas. Belum sempat jauh, langkahnya berhasil distop petugas berpakaian preman.
Ebet kemudian digiring petugas kembali ke rumah Bambang. Ketika dilakukan penggeledahan akhirnya ditemukan lagi dua paket besar sabu di saku jaket kanannya.
Ebet kemudian digelendang ke Mako Sat II Direktorat Narkoba untuk menjalani pemeriksaan berkenaan dengan sabu bernilai hampir sekitar Rp20 juta.
“Barang  bukti yang kita temukan 6 paket sabu. Berat kotornya 17,87 gram,” beber Direktur Narkoba Kombes Drs Sukirman melalui Kasat II AKBP Dwi Tjahyono SIk, Senin (9/6) sore.
Menurut Dwi untuk sang oknum tersebut pihaknya tetapkan sebagai tersangka dan dijerat pasal 62 UU RI No5 Tahun 1997 tentang psokotropika.
“Bambang masih kita mintai keterangan sebagai saksi. Kebetulan saat ini Ebet bertamu ke rumahnya,” papar Dwi seraya membenarkan yang bersangkutan adalah oknum Polsek Banjarmasin Selatan.
Berdalih Hanya Makai
MESKI penemuan sabu seberat 17 gram itu tergolong besar, R Gupramana alias Ebet pemegang kartu tanda anggota No KTA  /294/VIII/2007 tampaknya masih bisa tersenyum.
Ditemui di Mako Sat II Direktorat Narkoba, pria yang dulu berperawakan gemuk dan sekarang ini terlihat agak kurus tak banyak bicara kepada wartawan. Dia malah berdalih sabu itu hanya untuk dipakainya sendiri.
“Ya memang barang saja, khan milik saya, jadi saya buang,” ungkapnya dengan santai.
Ditanya asal sabu itu, Ebet pun tak mau merinci. Dia malah mengatakan dirinya hanya memakai saja.
“Selebihnya di penyidikan saja. Ya istilahnya saya no comment dulu,” bebernyam, seraya mengatakan dia sekarang menderita kencing manis.
Disinggung dugaan dia terlibat atau mempunyai hubungan dengan jaringan  Kakang, Ebet pun membantahnya seraya mengatakan dirinya tak pernah ke sel Poltabes
Terpisah, Bambang mengatakan tak mengetahui Ebet datang ke rumahnya membawa barang terlarang. “Dia tadi mau mengajak keluarga saya pergi. Saya tak tau ada barang,” ungkapnya.
Terpisah, Kasat II AKBP Dwi Tjahyono tampaknya tak serta mempercayai bahwa Ebet hanyalah pemakai. Pihaknya menduga Ebet termasuk pengedar dan masih mendalami penyidikan.
Dari pantauan Metro, enam paket masing-masing seberat  5,26 gram, 8,46 gram, 1,04 gram, 1,04 gram, 1,03 gram, serta 1,04 gram tersebut kondisinya terlihat bagus. Sabu itu terlihat sangatlah bening dan bersih. sebagian masih berbentuk bongkahan.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s